Senin, 22 April 2019

Cara Jitu Membuat Password Aman

Cara Jitu Membuat Password Aman - Sekarang ini marak para tokoh politik yang akun media sosialnya diretas atau diambil alih, tujuannya tentu saja demi kepentingan politik.


Sangat mungkin upaya peretasan dilakukan pada banyak tokoh, tetapi tidak semuanya berhasil diretas. Hal ini tentu saja bisa dijelaskan secara teknis.

Ketika anda membuat password, maka ada beberapa level kerumitan tergantung dari strukturnya. Semakin rumit maka semakin aman.

Secara umum komposisi password yang rumit terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, kode, dan angka. Semakin banyak karakternya maka akan semakin rumit.

Bila dikaitkan dengan kasus peretasan terhadap para tokoh di atas, sangat mungkin yang berhasil diretas adalah yang level kerumitan password-nya rendah.

Berdasarkan penelitian para pakar IT tingkat dunia, ada konfigurasi password yang justru jauh lebih kuat dibanding password rumit yang komposisinya telah disebutkan di atas. Password dimaksud adalah yang berupa kalimat utuh.

Misalnya anda membuat password dengan kalimat utuh seperti ini : "Indonesia adalah negara berkembang.", maka itu jauh lebih rumit untuk diretas dibanding password seperti ini : Duit-@-$20.

Membuat password dengan menggunakan kalimat utuh tentunya lebih mudah diingat oleh si pembuat, sekaligus jauh lebih sulit diretas.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Cara Jitu Membuat Password Aman, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda