Minggu, 21 April 2019

Kartini dan Pahlawan Wanita Indonesia


Kartini dan Pahlawan Wanita Indonesia - Setiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini, hari dimana seorang pahlawan wanita dilahirkan, dia adalah Raden Ajeng Kartini.

Tentang siapa dan bagaimana sosok RA Kartini telah banyak ditulis, dan beliau memang sangat layak digelari pahlawan pelopor kebangkitan wanita Indonesia, jadi bukan sekedar pahlawan emansipasi.

Tidak ada yang meragukan kapabilitas RA. Kartini, diusianya yang masih muda beliau memiliki pemikiran-pemikiran yang jauh melampaui kaum wanita pada jaman itu. Intinya pengakuan pada kepahlawanan RA. Kartini telah selesai.

Di Indonesia pahlawan wanita itu banyak. Dari Aceh ada Tjut Nyak Dien, dari Sunda ada R. Dewi Sartika, dari Banten ada Nyi Ageng Serang, dari Maluku ada Christina Marta Tiahahu dll. Semua pahlawan wanita ini memiliki peran yang dahsyat bagi kemerdekaan dan masa depan Indonesia.

Setiap pahlawan wanita Indonesia punya peran yang luar biasa, bahkan ada yang hingga mempertaruhkan nyawa. Pada saat mereka berjuang, termasuk Kartini sekalipun, tentu lingkupnya lokal karena saat itu Indonesia belum lahir.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Kartini dan Pahlawan Wanita Indonesia, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda