Selasa, 16 April 2019

Kiat untuk Memulai Sebuah Tulisan

Kiat untuk Memulai Sebuah Tulisan - Apa yang akan saya uraikan ini tentu tidak ditujukan bagi yang telah terbiasa atau pandai menulis melainkan kepada mereka yang sedang tahap belajar atau tahap pemula. Oh ya, sesungguhnya yang namanya belajar tidak ada batasan kondisi, yang bukan pemula sekalipun tentu harus terus belajar.


Pada dasarnya apapun yang ada di sekitar kita, yang dapat didria oleh panca indera, tentu dapat dijadikan inspirasi untuk memulai sebuah tulisan, bahkan sebutir debu sekalipun. Syaratnya satu saja yaitu kita harus mau mengeksplorasi imajinasi dan tidak malas untuk memulai. Memulai, nampaknya itu yang paling sulit, tapi bukan berarti tidak ada solusinya bukan?

Begini, pada dasarnya siapapun yang bisa berbicara atau mengobrol adalah bisa menulis. cara melatihnya adalah apa yang diucapkan maka itulah yang ditulis. Bayangkan bahwa pada saat ini anda dan teman anda sedang mengobrol dengan topik sepak bola, maka apapun yang anda ucapkan itulah yang persis anda tuliskan. Contohnya :

"Nurut aku sih banyak lho pemain hebat di Indonesia, utamanya yang berusia remaja. Kan sering tuh Timnas U-16 misalnya, bisa ngalahin tim-tim dari Eropa."

Kalimat-kalimat di atas adalah bahasa obrolan yang dituliskan, jadi tidak menggunakan bahasa Indonesia baku. Konon, aturan-aturan berbahasa indonesia yang baik dan benar sering menjadi kedala, atau menimbulkan keengganan bahkan ketakukan bagi yang akan memulai. Di antara ketakutan tersebut adalah takut diejek.

Bagi penulis pemula, saya menyarankan untuk tidak terbelenggu oleh rasa takut tersebut. Mulai, mulai, dan mulai. Beranikan diri, menulislah!

Mengeksplorisasi Imajinasi

Di hadapan anda ada secarik kertas misalnya, maka anda bisa mengeksplorasi imajinasi dengan melakukan sejumlah pertanyaan seperti :
  • Kapan pertama kali anda melihat kertas?
  • Apa yang anda lakukan ketika pertama kali melihat kertas?
  • Secara umum manusia menggunakan kertas untuk apa?
Selanjutnya, melalui internet misalnya, anda bisa mencari tahu tentang kertas kemudian menuliskan ulang dengan gaya bahasa anda sendiri. Poin-poinnya bisa seperti :
  • Kapan pertama kali kertas ditemukan?
  • Apa bahan baku kertas?
  • Pabrik kertas mana saja yang terkenal?
  • Merk kertas apa saja yang poluler?
Dengan bermodalkan pertanyaan-pertanyaan di atas, anda bisa mulai menulis tentang kertas. Tuliskan dahulu saja semuanya baru menentukan judul. Pada tahap awal pasti tidak mudah, tapi setelah terus berlatih tentu akan terbiasa. Kunci dari semua ini adalah semangat!

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Kiat untuk Memulai Sebuah Tulisan, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda