Senin, 29 April 2019

Masif Sistematis Terstruktur, Apakah Itu?

Masif Sistematis Terstruktur - Jika harus membuat singkatan, maka penulis memilih untuk merangkainya berdasarkan urutan abjad, sehingga masif sistematis terstruktur itu disingkat jadi MST. Atau jika dibuat akronim jadi masistur.


Istilah masif sistematis terstruktur ini, selanjutnya penulis sebut masistur, pertama kali populer pada Pemilu 2014. Istilah ini berkaitan dengan tudingan adanya kecurangan dari salah-satu kubu paslon. Dalam tulisan ini tidak akan diuraikan tentang tudingan kecurangan tersebut, tetapi fokus pada pengertian dari masistur.

Masif


Masif adalah sesuatu yang terjadi secara besar-besar atau memiliki skala yang luas. Misalnya saja pengertian masif korupsi adalah korupsi yang dilakukan dalam skala besar seperti milyaran atau trilyunan, dilakukan oleh sedemikian banyak orang, yang berdampak buruk bagi perekonomian bangsa secara keseluruhan.

Istilah masif juga bertalian atau dekat dengan istilah massal, yang artinya adalah sedemikian banyak orang atau pihak yang terlibat.

Sistematis


Sistematis adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya.

Istlah sistematis juga berkaitan dengan adanya perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang serba terukur dan termonitor.

Terstruktur


Terstruktur artinya telah disusun secara rapi dan berjenjang. Hal yang mudah dipahami dari pengertian terstruktur adalah ketika kita melihat suatu struktur organisasi, di sana ada garis komando dan garis koordinasi.

Adanya garis komando yang jelas, juga adanya pola koordinasi yang tegas, merupakan hal-hal yang mengindikasikan bahwa sesuatu adalah terstruktur.

Implementasi


Instansi-instansi yang bergerak di bidang pelayanan publik pada dasarnya menerapkan konsep masif sistematis terstruktur, misalnya saja PLN. Secara masif layanan listrik bisa masuk hingga ke rumah-rumah penduduk, dan semua itu tentu dilakukan dengan cara sistematis serta terstruktur.

Pada akhirnya tulisan ini hanya bertujuan untuk memberi penjelasan bahwa implementasi masif, sistematis, dan terstruktur adalah bersifat netral. Dengan sifat netral tersebut maka implementasinya tidak hanya disematkan pada kecurigaan adanya kecurangan pemilu.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Masif Sistematis Terstruktur, Apakah Itu?, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda