Senin, 22 April 2019

Memulihkan Ranking Website yang Turun Drastis


Memulihkan Ranking Website yang Turun Drastis - Hasil dari search engine atau mesin penelusuran adalah sejumlah kueri tentang situs-situs yang dapat diindeks. Kueri-kueri tersebut akan dimunculkan apabila ada yang melakukan tindakan searching. Sebagaimana tumpukan database, kueri-kueri tersebut membentuk susunan sehingga dapat diranking. Ketika anda melakukan searching di Google dengan kata kunci "Bandung" misalnya, maka akan muncul sejumlah hasil pencarian. Di antaranya muncul di halaman pertama sebagai ranking teratas.

Ranking website sangat berkaitan dengan seberapa banyak konten-kontenya berada di halaman 10 besar hasil pencarian mesin pencari, tentu dengan didasarkan pada kata kunci tertentu. Semakin tinggi ranking website dari suatu situs atau blog, tentu semakin baik.

Google sebagai mesin pencari yang terpopuler selalu melakukan update algoritma, tujuannya tentu untuk semakin meningkatkan kualitas pencarian. Tidak jarang setelah Google melakukan algoritma, ada berbagai hal yang terjadi pada sejumlah situs, di antaranya :
  1. Berbagai url situs menghilang dari hasil pencarian,
  2. Berbagai situs mengalami penurunan ranking,
  3. Google Adsense di-banned,
  4. Situs mendapat peringatan,
  5. Dan sebagainya.
Sekarang kita fokus pada kasus dimana situs mengalami penurunan ranking atau ranking website-nya turun, misalnya pada situs anda ada kata kunci "komputer terbaru". Pada awalnya kata kunci tersebut muncul di halaman pertama mesin pencari, tetapi setelah Google melakukan update algoritma, kata kunci tersebut jadi berada di halaman ke-3.

Bila itu terjadi, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan yaitu :
  1. Melakukan update pada artikel, misalnya saja dengan menambahkan data atau keterangan baru pada suatu paragraf. Bisa pula dengan mengganti atau menambahkan gambar. Bahkan bisa pula anda menghapus satu atau beberapa paragraf apabila datanya sudah tidak up to date.
  2. Melakukan perbaikan atau update template. Hal ini bertujuan agar template anda terjaga kualitasnya, atau bahkan bisa ditingkatkan.
  3. Setelah melakukan sejumlah update dan atau perbaikan, anda perlu melakukan submit ulang peta situs agar bisa di-crawl ulang oleh Google.
Setelah anda melakukan submit peta situs, tunggu beberapa hari. Insya Allah perlahan-lahan ranking website anda akan kembali membaik.

Apa yang saya tulis ini berasal hari pengalaman pribadi. Saya pernah mengalami penurunan ranking untuk situs Kontakmedia. Tidak tanggung-tanggung turunnya, yaitu dari halaman pertama ke halaman keempat.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat!

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Memulihkan Ranking Website yang Turun Drastis, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda