Kamis, 11 April 2019

Sampai Kapankah Teknologi Akan Terus Berkembang?

Sampai Kapankah Teknologi Akan Terus Berkembang? - Saya ambil rentang waktu 10 tahun, yakni untuk mereka yang lahir di antara 1960 - 1970. Ini rentang waktu yang cukup aman, dimana masing-masing memiliki pengalaman yang relatif sama, dalam mengecap hasil teknologi. Seting negaranya adalah Indonesia.



Mereka yang lahir pada kurun ini tentu merasakan, atau setidak-tidaknya mengetahui, berbagai evolusi serta revolusi teknologi seperti :

1. Mulai ditinggalkannya papan tulis hitam dan diganti papan tulis putih. Lengkap tentunya, dengan mulai tersisihnya kapur tulis oleh whiteboard marker, Terjadi di tahun 1980-an.

2. Mulai memasyarakatnya telpon rumah (telpon kabel) yang tadinya merupakan konsumsi elit. Terjadi tahun 1990-an.

3. Mulai tergesernya fungsi mesin ketik, baik yang manual maupun yang elektronik, oleh komputer. Terjadi tahun 1990-an.

4. Mulai memasyarakatnya ponsel dengan revolusi sangat cepat. Terjadi pada tahun 2000-an. Antara ponsel jadul dengan smartphone memiliki rentang waktu yang tidak lama.

5. Buku tulis menemukan sandingannya yaitu notebook atau laptop. Sudah umum sekarang ini, terutama di kalangan mahasiswa, yang menggunakan laptop sebagai buku tulis. Meskipun dalam hal tertentu buku tulispun masih dipakai.

Sampai kapan teknologi akan terus berkembang? Berdasarkan aqidah Islam yakni sampai terjadinya peristiwa ad-dukhan. Pada saat itu teknologi justru kembali pada kesederhanaannya. Tidak ada lagi pistol, yang ada adalah panah tradisional.

Islam tidak sekedar berbicara tentang kafir - non kafir, tapi juga tentang peradaban.

Tidak akan lahir teknologi tinggi tanpa ditemukannya angka 0. Lalu siapakah penemu angka 0 itu? Ya, pasti sudah banyak yang tahu, kalau aku kan hanya tempe.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Sampai Kapankah Teknologi Akan Terus Berkembang?, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda