Sabtu, 27 April 2019

Tidak Ada Bunga pada Pinjaman Dana Bergulir PKBL


Tidak Ada Bunga pada Pinjaman Dana Bergulir PKBL - Pinjaman dana bergulir Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diberikan keringanan. Ini sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) No. 02/MBU/7/2017 tertanggal 5 Juli 2017 yang mengatur adanya penurunan biaya admistrasi bagi mitra binaan dari 6% menjadi 3%. Dengan keringanan bunga tersebut, akan semakin memberikan dukungan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengembangkan bisnisnya melalui pinjaman dana bergulir.

Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) No. 02/MBU/7/2017 tertanggal 5 Juli 2017, Pasal 11 ayat (2) berbunyi :
(2) Besarnya jasa administrasi pinjaman dana Program Kemitraan sebesar 3% (tiga persen) per tahun dari saldo pinjaman awal tahun atau ditetapkan lain oleh Menteri.
Pada ayat di atas, tidak ada istilah bunga melainkan jasa administrasi, dengan demikian bisa dijadikan pegangan bersama oleh siapapun sebagai landasan hukum atau regulasi.

Hal seperti ini perlu disampaikan terkait dengan sejumlah pertanyaan calon mitra binaan tentang ada atau tidak adanya pemberlakuan sukubunga pada pinjaman dana bergulir PKBL.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Tidak Ada Bunga pada Pinjaman Dana Bergulir PKBL, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda