Kamis, 02 Mei 2019

Cara Seting Mouse Agar Nyaman Dan Akurat


Cara Seting Mouse Agar Nyaman Dan Akurat - Di internet telah sangat banyak artikel yang membahas tentang cara seting mouse, namun demikian penulis mencoba menyajikan topik yang sama, tapi mungkin teknik setingnya sedikit berbeda.

Cara Seting Mouse Agar Nyaman Dan Akurat ini saya peruntukkan bagi rekan-rekan gamer, grafik desainer, programmer, bahkan hingga pengguna biasa yang mengerjakan aplikasi office.

Pada dasarnya yang sangat memerlukan gerakan mouse yang presisi adalah para gamer dan desainer grafis, tapi tidak tertutup kemungkinan pengguna komputer yang hanya mengoperasikan aplikasi Office-pun memerlukannya.

Saya membagikan tips atau cara seting mouse ini karena pernah mengalami kekurangnyamanan saat menggunakan mouse di Windows Server 2012 R2 dan Windows 8. Konon gejala inipun ditemui pula pada Windows 10.

Kekurangnyamanan yang saya maksud adalah :
  1. Saat melakukan block pada tulisan, misalnya untuk copas, maka hasil block tersendat. Tidak mulus hingga seluruh tulisan ter-block, tapi putus sebagian. Sangat riskan terutama untuk pekerjaan programmer.
  2. Saat menggambar atau bermain game, mouse mengalami lag sehingga harus di-klik beberapa kali pada bidang kosong. Hal ini jelas mengganggu.
  3. Pointer mouse tidak akurat, lonjakannya terlalu jauh saat digeser.
Microsoft memang pernah mengeluarkan patch untuk mengatasi hal ini, tapi untuk Windows yang kadung di-update sebelumnya, patch tersebut mental. 

Ngopi dulu gan, santai saja kita ya. Hehehe.

Lupakan soal patch tersebut karena semuanya bisa teratasi dengan tips yang akan saya paparkan ini. Sumbernya sama koq, dari Microsoft juga.

Klik Control Panel >> Mouse >> Pointer Options >> Lakukan setting seperti gambar di bawah ini :

Klik Start >> Run >> Ketik Regedit >> Pilih HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Mouse. Kemudian lakukan setting berikut :

MouseSensitifity = 10
MouseSpeed = 0
MouseThreshold1 = 0
MouseThreshold2 = 0

Untuk MouseSensitifity, jika pergerakannya masih terasa agak melompat bisa disetting ke 0.

Cara seting mouse ini berlaku untuk mouse jenis apapun, termasuk mouse game. Dan ternyata mantap pula ketika diterapkan pada Windows 7.

Bila setelah anda praktekkan ternyata cara seting mouse ini ampuh, semoga anda mau membagikan artikel ini pada yang lain. Kita mencari berkah yuk sob. Dengan cara berbagi manfaat.

Okey gan, happy tweaking. Dan sekian artikel saya yang berjudul Cara Seting Mouse Agar Nyaman Dan Akurat ini.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Cara Seting Mouse Agar Nyaman Dan Akurat , semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda