Rabu, 01 Mei 2019

Kemudahan Memelihara Kucing Lokal


Kemudahan Memelihara Kucing Lokal - Kucing lokal adalah salah-satu hewan yang banyak dipelihara atau berada di lingkungan manusia. Hal ini berkaitan dengan perkembangbiakannya yang cepat, juga sifat dasar mereka yang adaptatif.

Kucing lokal biasa pula disebut kucing kampung, tidak ada beda dengan kebiasaan orang menyebut anjing kampung atau ayam kampung. Hal ini dapat diartikan bahwa hewan-hewan tersebut, dengan ciri-ciri tertentu, amat mudah ditemukan di kampung-kampung.

Beberapa karakter dari kucing lokal adalah :
  1. Jumlahnya banyak sehingga mudah ditemukan.
  2. Tidak sulit dalam hal menerima pakan.
  3. Kuat terhadap serangan penyakit.
  4. Tidak riskan jika dibiarkan berkeliaran di luar rumah.
Dengan beberapa karakter yang demikian, maka memelihara kucing lokal atau kucing kampung merupakan hal yang mudah.

Memelihara kucing lokal dapat digolongkan pada salah-satu kebiasaan atau bahkan hobi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Beberapa teknik dalam memelihara hewan jenis ini adalah :

Memelihara Kucing Lokal Secara Penuh di Dalam Rumah


Mereka yang memiliki rumah besar dengan halaman yang luas dan berpagar biasa melakukan teknik ini.  Si kucing lokal dengan leluasa bisa berada di sudut rumah manapun yang ia suka, kemudian di saat lapar mendatangi wadah makanan yang disediakan.

Pada dasarnya kucing lokal adalah hewan liar yang suka mengembara, maka dengan ketersediaan halaman yang luas gairah pengembaraan mereka cukup tersalurkan.

Sekalipun senang mengembara, tetapi kucing lokal tetap memiliki beberapa tempat favorit, terutama di saat mereka makan, tidur, dan beristirahat. Pada kondisi telah merasa nyaman di suatu rumah atau suatu tempat, maka kucing akan cenderung menetap atau setia untuk kembali.

Tidak jarang kita menemukan rumah besar berhalaman luas yang di dalamnya terdapat sedemikian banyak kucing lokal. Dengan leluasa para kucing tersebut bermain di halaman atau keluar masuk rumah.

Memelihara Kucing Lokal di Luar Rumah


Karena satu dan lain hal, misalnya karena ketersedian lahan atau rumah yang sempit, atau tidak semua anggota keluarga menyukai kucing, maka tidak sedikit yang memilih memelihara kucing lokal di luar rumah.

Cara memelihara kucing lokal di luar rumah tergolong mudah, cukup dengan menyediakan makanan kemudian memanggil mereka untuk datang. Rutinitas memberi makan, dengan panggilan tertentu, cukup bagi para kucing lokal itu untuk bergegas menghampiri bila memang mereka lapar.

Bukan hanya suara, bahkan langkah kakipun, atau bunyi pagar bisa mengundang para kucing lokal peliharaan yang lapar untuk menghampiri.

Karena tujuannya memang memelihara kucing lokal di luar rumah, maka biasanya kucing-kucing tersebut tidak dibiarkan masuk ke rumah. Mereka akan diusir tanpa disakiti.

Pada dasarnya hal yang diutamakan dari memelihara kucing lokal adalah menjaga agar mereka tidak kelaparan. Dengan sengaja menyiapkan wadah untuk menampung sisa-sisa makanan, adalah lebih baik dibanding membuangnya langsung ke tong sampah. Dengan demikian lebih memudahkan para kucing tersebut mendapatkan jatah makanannya.

Memelihara kucing lokal dapat dikatakan tidak memerlukan biaya tinggi atau bahkan bisa tanpa biaya. Seperti telah disebutkan di atas, modalnya cukup sisa-sisa makanan. Jadi mari kita memelihara kucing lokal, karena caranya sangat mudah. Baik memelihara di dalam maupun di luar rumah.


Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Kemudahan Memelihara Kucing Lokal , semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda