Kamis, 09 Mei 2019

Ketatnya Persaingan Bisnis di Internet

Ketatnya Persaingan Bisnis di Internet - Sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang, teknologi internet terus-menerus mengalami perkembangan, mulai dari semakin luasnya cakupan hingga kecepatan akses.

Berawal dari intranet yang hanya bisa intra koneksi untuk beberapa pc di suatu ruangan, lahirlah internet yang bisa melakukan inter koneksi pc di seluruh dunia. Dan proses perkembangannya tidak memakan waktu lama.


Selain luas cakupan yang berkembang pesat, perkembangan lainnya adalah dari sisi kecepatan. Semakin lama internet semakin cepat. Lalu terjadi pula perkembangan dari sisi device. Kini bukan hanya pc yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Mulai dari televisi hingga smartphone bisa digunakan.

Pada awalnya internet secara dominan digunakan untuk website, berbagi file, dan email. Kemudian berkembang dengan digunakan pula untuk mesin pencari dan jejaring sosial. Kini semua peruntukkan tersebut bisa terkolaborasi secara baik. Dan dari sinilah persaingan bisnis di internet dimulai.

Sekarang mari kita bahas persaingan bisnis apa saja yang berhubungan dengan fungsi internet.

Persaingan Bisnis Internet Browser


Pengguna Microsoft Windows tentu sudah sangat mengenal apa itu Internet Explorer atau IE. Dapat dikatakan ini adalah browser yang wajib terinstal, meskipun tidak lagi sering digunakan. Transformasi IE menjadi Microsoft Edge-pun tidak serta-merta mampu mendongkraknya.

Setelah IE ada Netscape yang sekarang hampir-hampir tidak terdengar lagi kabarnya. Hingga pertengahan tahun 1990-an, kedua browser ini merajai penggunaan internet nyaris tanpa saingan.

Seiring dengan waktu, satu demi satu browser baru bermunculan. Tercatat ada nama-nama seperti Safari, Opera, Firefox, Maxthon, dan Chrome. Yang disebut terakhir ini akhirnya menjadi raja diraja browser, entah sampai kapan.

Persaingan Bisnis Media Sosial


Terkait persaingan bisnis di media sosial, terjadi di antaranya antara Facebook dengan Google. Google memiliki sebuah Social Media yaitu Google Plus. Fitur-fiturnya juga mirip seperti berbagi postingan, status, upload gambar, dan upload video. Pengguna juga bisa membuat grup dan halaman. Tentu dengan penamaan yang berbeda antara Facebook dengan Google Plus.

Persaingan ini dapat dikatakan sengit karena meskipun secara sepintas Facebook lebih populer dan aktif, tapi dari sisi jumlah pengguna bisa jadi seimbang.

Akhir-akhir ini persaingan melebar karena Facebook juga giat dalam program periklanan. Dan iklan-iklan tersebut langsung dipasang di ruang Facebook itu sendiri, beda dengan Google Adsense yang memerlukan website atau blog sebagai media. Atau iklan-iklan yang dipasang menggunakan jasa Google Adsense juga sering ditampilkan di search engine dan Youtube.

Dari sisi Social Media, Facebook jelas mengungguli Google Plus, tetapi dari sisi pemasangan iklan dapat dikatakan Google tetap unggul. Puncak dari persaingan ini akhirnya menenggelamkan Google Plus. Ia harus menyerah.

Jauh sebelum ada Facebook, kita juga mengenal Friendster. Media Sosial yang satu ini juga tenggelam akibat tidak kuat bersaing.

Demikianlah artikel dari Situskita yang berjudul Ketatnya Persaingan Bisnis di Internet, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda